BERITA: Dunia Apresiasi Gus Dur

WASHINGTON (SI) – Para pemimpin dunia menyatakan duka cita yang mendalam atas wafatnya tokoh pluralisme KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur).Gus Dur dinilai sebagai salah satu tokoh demokrasi yang patut diteladani. Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama kemarin menyatakan ungkapan turut berduka atas wafatnya mantan Presiden Keempat RI ini.

Gedung Putih memuji Gus Dur sebagai suri teladan dalam toleransi beragama yang memainkan peranan penting dalam transisi demokrasi. “Rakyat Amerika Serikat (AS) bersamasama dengan rakyat Indonesia turut berduka atas kematian mantan Presiden Abdurrahman Wahid,” ujar Juru Bicara Gedung Putih Robert Gibbs dalam pernyataan resminya kemarin. Gibbs menilai Gus Dur sebagai salah satu sosok terpenting dalam dunia demokrasi, terutama di kawasan negara-negara berkembang.“

Tokoh penting dalam transisi demokrasi di Indonesia, Presiden Wahid, akan selalu dikenang atas komitmennya terhadap prinsip demokrasi,politik inklusif,dan toleransi beragama,”imbuhnya. Gibbs memuji Gus Dur sebagai sosok yang selalu bekerja keras demi perdamaian dan kemakmuran seluruh rakyat Indonesia.

Dia juga mengungkapkan bahwa Gus Dur berusaha menjadi jembatan di antara orang yang berbeda keyakinan. “Kami menyampaikan duka cita terdalam kami bagi keluarga mantan Presiden Wahid dan rakyat Indonesia,”jelas dia. Dari Kuala Lumpur, Perdana Menteri Malaysia Najib Razak juga menyampaikan ucapan duka kepada keluarga Gus Dur dan rakyat Indonesia atas wafatnya mantan Presiden RI itu.

“Pengaruh kuat Gus Dur dalam menentukan Indonesia tidak dapat dianggap remeh. Gus Dur merupakan negarawan dan ilmuwan, dia berjuang untuk membawa perubahan dan reformasi yang didasari nilai-nilai Islam,”ujar Najib ketika memuji koleganya dalam blog pribadinya,www.1malaysia. com.my. Lebih lanjut Najib mengungkapkan Gus Dur merupakan tokoh yang memiliki pemikiran lebih maju pada masanya.

Selain itu, dia seorang penganut teguh akan pentingnya toleransi dan persatuan dalam kebutuhan untuk melindungi kaum lemah, termasuk kelompok minoritas. Menurutnya, Gus Dur selalu menekan pemerintah agar menyederhanakan semua proses demi kepentingan orang banyak. “Dari kepemimpinannya di Nahdlatul Ulama hingga mendirikan Wahid Institute, kerja sosialnya seharusnya menjadi contoh bagi kita semua untuk diikuti,” papar Najib.

“Saya berharap pemikiran dan nilai-nilai Gus Dur akan terus berkembang pesat dalam benak banyak orang,” imbuhnya seperti dikutip dari kantor berita Bernama. Tidak ketinggalan mantan PM Mahathir Mohamad juga mengekspresikan kesedihannya kepada keluarga Gus Dur. “Saya paham bahwa Gus Dur merupakan seorang patriot dan nasionalis yang berjuang untuk Indonesia dan Islam.

Meskipun ada kalanya ketika saya tidak sepakat dengan mantan presiden, saya masih menghargai pandangannya,” papar Mahathir setelah menandatangani buku duka di Kedutaan Besar Indonesia di Kuala Lumpur. Sementara itu, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong mengucapkan duka atas meninggalnya Gus Dur. Dalam sebuah surat yang disampaikan kepada istri Gus Dur, Lee mengatakan mantan Presiden RI itu akan selalu diingat sebagai tokoh Islam moderat dan pembela kamu minoritas.

Sejumlah pejabat senior Singapura lain, termasuk Menteri Luar Negeri George Yeo, juga menuliskan surat kepada istri Gus Dur. Presiden Singapura S R Nathan, Penasihat Menteri Lee Kuan Yew juga menulis surat kepada istri Gus Dur. Dari Australia, rakyat Negeri Kanguru itu juga memberikan penghormatan kepada Gus Dur, presiden pertama Indonesia yang dipilih secara demokratis.Australia mengenal sosok Gus Dur sebagai cendekiawan dan demokrat sekuler yang menjadi presiden setelah kejatuhan Presiden Soeharto pada Mei 1998.

“Mantan Presiden Wahid sangat dihargai dan dihormati bukan hanya di Indonesia,tetapi juga oleh banyak orang Australia dan banyak lainnya di negara kita,” kata PM Australia Kevin Rudd dalam sebuah pernyataannya. Kevin Rudd menilai Gus Dur merupakan tokoh penting dalam sejumlah agenda reformasi penting yang dilaksanakan Indonesia untuk menuju sebuah demokrasi yang modern.

Dia juga merupakan tokoh berpengaruh sebagai pemimpin Islam moderat di Indonesia dan memiliki keberpihakan yang kuat terhadap etnik dan toleransi beragama. Gus Dur pernah mengunjungi Australia pada 2001, merupakan presiden pertama Indonesia yang melakukan kunjungan sejak sebuah lawatan singkat yang dilakukan Presiden Soeharto pada 1975.

Dalam pandangan cendekiawan Australia Greg Barton yang juga penulis biografi Gus Dur, warisan mantan pemimpin organisasi Islam terbesar di Indonesia itu adalah meningkatkan harapan dalam demokrasi yang seharusnya dilakukan dan ekspektasi harus bagaimana bangsa Indonesia? “Dia melakukan hal itu tanpa modal politik,” ujar Barton. “Dalam caranya,dia mencapai apa yang dia lakukan meskipun dia bukan seorang politikus,”imbuhnya.

Dari Beijing,Pemerintah China juga mengungkapkan rasa duka atas meninggalnya Gus Dur. Juru Bicara Departemen Luar Negeri Jiang Yu mengutarakan dalam sebuah pernyataan bahwa pemerintah dan rakyat China berduka atas meninggalnya Gus Dur. Presiden China Hu Jintao juga telah mengirimkan sebuah surat ungkapan duka kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (AFP/Xinhua/CNA/andika hm)  (http://www.seputar-indonesia.com, 1 Januari 2010)

Explore posts in the same categories: Berita

Tag: , , , , , , , , , ,

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: