BERITA: Siaran Pers Freedom Institute: Pengembalian Penghargaan Achmad Bakrie oleh Goenawan Mohamad

Kemarin (21 juni 2010) Freedom Institute telah menerima surat dari Sdr. Goenawan Mohamad, penerima Penghargaan Achmad Bakrie 2004 untuk kategori kesusastraan. Penghargaan ini diberikan untuk mengapresiasi karya, dedikasi dan pengabdian Sdr. Goenawan terhadap dunia sastra dan kebudayaan Indonesia. Lewat surat tersebut, Sdr. Goenawan mengembalikan penghargaan yang diterimanya kepada Freedom Institute.

Tentu saja kami tidak menduga serta menyayangkan hal tersebut. Namun, kami menghargai keputusan Sdr. Goenawan, serta memahami dilema serta pertimbangan yang diberikannya. Apapun keputusan Sdr. Goenawan, bagi kami ia tetaplah seorang tokoh yang telah memberi begitu banyak sumbangan yang telah memperkaya dunia sastra dan kebudayaan di negeri kita.

Pada kesempatan ini Freedom Institute menghimbau kepada semua pihak untuk tidak melakukan politisasi terhadap Penghargaan Achmad Bakrie. Indonesia harus lebih menghargai dan memberikan apresiasi kepada tokoh-tokoh yang telah berjasa di berbagai bidang kehidupan. Kegiatan dan penghargaan seperti ini harus terus didorong. Harus ada ruang yang cukup memadai dalam masyarakat dan kebudayaan kita, di mana pertimbangan dan kaidah-kaidah di dalamnya sama sekali tidak berkait dengan dinamika kompetisi kekuasaan atau hal-hal yang bersifat politis lainnya.

Freedom Institute memberikan Penghargaan Achmad Bakrie sejak 2003 semata-mata karena ingin mendorong kehidupan keilmuan, pemikiran dan kebudayaan di Indonesia. Pemberian penghargaan semacam ini sudah lazim di seluruh dunia. Lazim juga dalam arti bahwa ia menyandang nama sang penaja. Kita mengenal Hadiah Nobel, misalnya, yang dibiayai dengan dana hibah Alfred Nobel. Penghargaan Achmad Bakrie sekadar melanjutkan tradisi semacam ini. Tentulah kami bergirang hati jika lebih banyak lagi pihak di negeri kita yang mengerjakan hal serupa. Di masa yang akan datang, kami berharap bahwa Freedom Institute hanyalah salah satu pelaku saja dari tradisi pemberian penghargaan demikian, yang di Indonesia baru saja dirintis.

Freedom Institute, dengan segala keterbatasan yang ada, akan terus berusaha memberi kontribusi pada kemajuan dunia pemikiran, pada perkembangan kebudayaan Indonesia yang lebih terbuka, majemuk, modern, serta menjamin kebebasan dan demokrasi.

Demikian pula, Freedom Institute menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada semua pihak, khususnya Aburizal Bakrie dan keluarga besar almarhum Achmad Bakrie atas segala bantuan dan dorongan yang telah diberikan selama ini dalam kiprah Penghargaan Achmad Bakrie.

Rizal Mallarangeng
Direktur Eksekutif

http://www.freedom-institute.org, 22 Juni 2010

Explore posts in the same categories: Berita, REFERENSI

Tag: , ,

You can skip to the end and leave a response. Pinging is currently not allowed.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: