PROFIL INSTRUKTUR TUNGGAL

IWAN GUNADI. Lahir di Kuningan, Jawa Barat, 1969. Setelah lulus dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Jakarta—sekarang Universitas Negeri Jakarta (UNJ)—sempat aktif mengajar di sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA) di Jakarta serta di sebuah sekolah tinggi ilmu pendidikan dan keguruan (STKIP) di Tangerang, Banten. Sejak November 2008, dia bekerja sebagai penulis dan penyunting lepas setelah sebelumnya selama belasan tahun berkiprah di Tabloid Penta dan Majalah InfoBank, Jakarta.
Menulis esai, berita, serta makalah populer dan ilmiah tentang bahasa, sastra, seni, dan perbankan serta menulis karya sastra di pelbagai media massa. Misalnya, Harian Kompas, Suara Pembaruan, Republika, Media Indonesia, Bisnis Indonesia, Jawa Pos, Jurnal Nasional, Tabloid Citra, Jurnal Perempuan, serta Majalah Tempo, Gatra, Gamma, dan InfoBank. Sejumlah tulisan juga dimuat di sejumlah buku bunga rampai, seperti Batas Diam Matahari (kumpulan puisi, 1996), Sastra Kota: Bunga Rampai Esai Temu Sastra Jakarta (2003), Kalung dari Gunung (kumpulan cerpen, 2004), dan Komunitas Sastra Indonesia: Catatan Perjalanan (kumpulan puisi, cerpen, dan esai, 2008).
Beberapa buku pernah dia sunting, baik dari sisi materi maupun bahasa. Misalnya, Bankers Club Indonesia di Tengah Perkembangan Perbankan Indonesia (1997), Pemetaan Komunitas Sastra di Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi (bersama Melani Budianta, 1998), novel Jamangilak Tak Pernah Menangis karya Martin Aleida (2004), Jejak Perbanas pada Peta Sejarah Perbankan Indonesia (2006), Romansa Pemintal Benang: Puisi-Puisi Husnul Khuluqi (2006), 10 Tahun Krisis Moneter: Kesiapan Menghadapi Krisis Kedua (bersama Eko B. Supriyanto dan Mucharor Djalil, 2007); Komunitas Sastra Indonesia: Catatan Perjalanan (bersama Ahmadun Yosi Herfanda, Bambang Widiatmoko, Diah Hadaning, Endo Senggono, dan Wowok Hesti Prabowo, 2008); serta Batubara (2009).
Selain menulis dan menyunting, dia memberikan pelatihan menulis dan jurnalistik kepada para siswa, mahasiswa, buruh, dan masyarakat umum. Beberapa penelitian, terutama di bidang kesenian, pun dia tempuh. Sejumlah kertas kerja atau makalah sastra dia presentasikan di beberapa forum diskusi, seminar, dan kongres.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: